Kemeriahan Karnaval di Kecamatan Kembaran:Cermin Budaya Sambeng Wetan

Kemeriahan Karnaval di Kecamatan Kembaran:Cermin Budaya Sambeng Wetan

Karnaval merupakan salah satu momen yang paling dinanti dalam setiap perayaan lokal serta identik dengan arak Arakan dan barisan yang dihiasi berbagai atribut yang akan menambah semarak iring iringan tersebut.

Dalam memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia, khususnya yang ada di Kecamatan Kembaran mengadakan kegiatan karnaval antar Desa “Kembaran Vaganza”. Kegiatan tersebut diadakan pada hari Minggu, 27 Agustus 2023 yang terdapat persembahan 16 Desa dan Intansi di wilayah Kecamatan Kembaran.

Karnaval tersebut tidak hanya untuk menghibur masyarakat, tetapi juga menggambarkan kekayaan budaya dan tradisi masyarakat setempat. Dan setiap tahunnya, warga Desa Sambeng Wetan bersiap-siap untuk menggelar karnaval yang penuh warna dan semangat.

                                                   

                      Partisipasi Kembaran Vaganza dari Desa Sambeng Wetan. Sumber: Dok. Pribadi

Seluruh masyarakat nampaknya tak mau ketinggalan turut menyemarakkan Kembaran Vaganza. Berbagai kreatifitas perwakilan dari setiap Desa yang sangat menarik, tidak hanya masyarakat Kecamatan Kembaran saja yang tampak antusias, tetapi dari masyarakat luar juga ikut meramaikan Kembaran Vaganza

                                                   

        Antusias masyarakat di acara Kembaran Vaganza dari Desa Sambeng Wetan. Sumber: Dok. Pribadi

Selain menampilkan tarian, warga Desa Sambeng Wetan juga mengenalkan pakaian yang berasal dari barang bekas, contohnya seperti kantong plastik bekas yang sudah tidak terpakai. Warga Desa Sambeng Wetan menerapkan Slogan yaitu “Urip Sehat lan Ramah Lingkungan” yang artinya hidup sehat dan ramah lingkungan, sehingga hal ini mengajarkan kita untuk memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai untuk membuat sebuah kreatifitas.

                                                     

                  Kreatifitas pakaian barang bekas dari Desa Sambeng Wetan. Sumber: Dok. Pribadi

 

Related Posts

Komentar